Museum Kata Andrea Hirata, Destinasi Terakhir di Belitung Timur

 

    Hi! Mari kita lanjutkan cerita perjalanan di Belitung Timur. First of all aku minta maaf bulan kemarin tidak ada artikel blog terbit, karena ada beberapa hal yang harus aku urus, sampai akhirnya ga sempet nulis huhu :( Let's continue the story of this trip! Museum Kata Andrea Hirata jadi destinasi wisata terakhir yang aku kunjungi di Belitung Timur. Meseum ini berlokasi di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Tidak terlalu jauh dari Reflika Sekola Laskar Pelangi atau SD Muhammadiyah Gantong, jaraknya sekitar 2 KM dan bisa ditempuh dalam waktu 5-10 menit saja.


    Jalan menuju museum ini lumayan ada beberapa belokan, jadi make sure jangan sampai ke sasar yaa. Kalo google mapsnya lagi ngaco, feel free buat nanya ke warga setempat. Museum ini mudah ditemukan juga, karena posisinya di samping jalan dan warnanya mencolok. Harga tiket masuk Museum Kata Andrea Hirata Rp. 50.000, tapi ini sangat worth it yaa, kenapa? Karena pengunjung akan diberi 1 buku untuk dibawa pulang.





    Saat mulai memasuki museumnya, banyak sekali berbagai jenis buku yang bisa kita lihat dan baca. Selain itu, ada banyak juga penghargaan penulis Andrea Hirata yang dipajang di setiap sudut dinding museum. Andrea Hirata always have been and always will be penulis favoritku. Karya-karya novel yang beliau tulis sangat memberikan pengaruh besar dan pengaruh positif untuk banyak orang, terutama diriku sendiri. Untayan kata yang ia tulis dalam setiap halaman novelnya memberikan getaran positif untuk siapapun yang membacanya.





    Konsep dari museum ini sangat unik, arsitektur bangunannya dibuat sederhana dari kayu. Ada beberapa ruangan khusus juga untuk membaca. Samping museum ada Warung Kupi Kuli yang menyediakan berbegai souvenir, menu makanan dan minuman. Jangan lupa sempetin mampir dulu yaa untuk nyoba salah satu menunya sebelum pulang. Sayangnya saat aku berkunjung kesini, beliau (penulis Andrea Hirata) tidak sedang di Belitung, padahal baru-baru ini aku lihat story instagramnya, beliau sedang pulang ke Kampung Halamannya di Belitung Timur. Semoga dilain waktu bisa bertemu, aamiin.



    Setelah puas explore Belitung Timur, aku memulai perjalanan kembali ke Kota Tanjung Pandan. Karena perjalanan pulang lumayan jauh, jangan lupa sempetin makan dulu, tapi jangan over hehe takutnya ngantuk di jalan. Sekian perjalanan di Belitung bagian timur, setelah artikel ini kita bahas tentang kuliner khasnya yaa. See you in the next article!!

Please keep the place clean when you visit!

Cheers,

Ineu Melia Febrianti

 

0 Comments