BEAUTIFUL ISLAND, BEAUTIFUL PEOPLE : MY PRECIOUS EXPERIENCE IN PULAU SERAYA BESAR

    



      Nusa Tenggara Timur has been on my bukcet list since long time ago, perjalanan kali ini sebenarnya unexpected journey. Walaupun NTT sudah masuk bucket listku sejak lama, but i never thought tahun ini akan bisa terwujud. Feeling so grateful, alhamdulillah. Long story short, perjalanan jauh ke NTT kali ini sebenarnya bukan hanya untuk traveling saja, i got a chance untuk menjadi bagian dari sebuah kegiatan pengabdian, located di Pulau Seraya Besar. Lebih lengkapnya di Desa Seraya Merannu Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur.

    Letak Pulau ini berada di sebelah selatan Labuan Bajo atau Pulau Flores, akses menuju ke pulau tersebut hanya bisa melalui jalur laut dengan menggunakan kapal, waktu tempuhnya kurang lebih sekitar satu jam. Pulau Seraya Besar termasuk pada wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) artinya pulau ini masih banyak memiliki problem-problem dalam berbagai sektor, like pendidikan, lingkungan, ekonomi & kesehatan.

    Fasilitas yang mereka milikipun tidak selengkap kita yang hidup di hiruk pikuk kota, tapi semua itu tidak melunturkan semangat anak-anak disini untuk terus belajar, mereka tetap berani mempunyai cita-cita yang luar biasa. Selain itu yang lebih membuat aku takjub adalah masyarakatnya yang teramat sangat ramah dan menyambut kami dengan sangat hangat. Kami diperlakukan dengan sangat baik, diajak untuk berkeliling Pulau Seraya yang belum orang banyak tau, bahwa pulau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Kami juga banyak belajar hal-hal baru, mengenal budaya suku bajo, melihat proses adat dan pembuatan makanan khas Seraya, and masih banyak lagi.


    Lucky me, bisa menjadi bagian dari pengabdian ini, bertemu orang-orang baik dan hebat dari setiap penjuru negeri dengan latar belakang pendidikan, suku, agama yang berbeda. Belajar banyak hal baru di Pulau Seraya, dan pastinya bisa menyaksikan keindahan pulau ini yang teramat sangat indah. Bebukitan dengan savananya yang cantik, lautan luas dengan airnya yang begitu jernih dan sunset indah Pulau Seraya akan selalu dirindukan. I'll be back one day.



0 Comments