Berlayar Menjelajahi Hopping Island Belitung



 

    Hopping Island, one of the most beautiful detinations di Belitung yang jangan sampai terlewatkan! Kenapa? You’ll see one of the most beautiful crystal clear waters ditambah bebatuan cantik yang menjadi ciri khas dari Belitung. Saking jernihnya, terumbu karang dan ikan-ikanpun bisa terlihat dengan jelas, cantik sekali! Kalau mau menyaksikan langsung keindahan bawah lautnya, bisa banget snorkling disana. Pulau-pulau yang wajib kamu kunjungi selama explore Hopping Island adalah Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, Batu Garuda, Pulau Pasir, Pulau Kelayang dan Goa Kelayang. Gimana sih cara explore Hopping Island? Here’s the itinerary. Dari Kota Tanjung Pandan, kamu bisa sewa motor atau kendaraan lainnya, pricenya start dari Rp. 75.000-an per-hari tergantung jenis motor yaa. Untuk mulai menjelajahi Hopping Island, bisa start dari Pantai Tanjung Kelayang. Jaraknya sekitar 45 menit dari Pusat Kota Tanjung Pandan. Jalannya okay banget, ga belok-belok, pakai google maps tetap aman, asal bisa baca gmapsnya aja hehe.



    Nah, setelah sampai, silahkan sewa kapal untuk kamu yang memilih sewa kapal mandiri tanpa ikut open trip atau private trip. Sewa kapal harganya Rp. 500.000 bisa untuk 1-10 orang. Untuk open trip berkisar Rp. 350.000 per-orang, biasanya sudah include dengan makan siang, snorkling dan antar jemput dari meeting point yang sudah ditentukan agensi trip. Kalau open trip pastinya akan disatukan dengan peserta open trip lainnya dan mau tidak mau harus mengikuti rundown yang sudah ditentukan. Sedangkan kalau sewa kapal sendiri, kita akan lebih bebas dari segi waktu dan kenyamanan lainnya. Tapi, harganya tergantung jumlah orang yang akan kamu bawa untuk explore Hopping Island dengan kapal yang akan disewa. Semakin banyak semakin murah, yap karena kamu bisa share cost dengan yang lain.


    Kalau aku kemarin sewa kapal mandiri dengan 1 orang temenku. Kita share cost, jadi harganya Rp. 250.000 per orang, but it was totally worth it. Kenapa? Karena di kapal itu hanya kita berdua, dan kita bebas plus flexible untuk explore setiap pulaunya seharian tanpa terburu-buru. FYI, kamu bisa sewa kapal langsung di lokasi, disana banyak warga lokal juga, jadi langsung tanyain aja and they will help you. Explore Hopping Island bisa start dari pukul 09.00 pagi, biasanya akan berakhir pukul 15.00-16.00 sore. Bisa lebih flexible juga sih, coba diskusikan aja dengan tukang sewa kapalnya.



    Kalau takut kesiangan, kamu bisa ikutin itineraryku. Aku memutuskan menginap sehari sebelum explore Hopping Island di salah satu penginapan di Pantai Tanjung Kelayang. Jadi aku ga check in penginapan di pusat kota. Besok paginya tanpa terburu-buru dan takut telat bisa langsung explore Hopping Island dari pagi. Yap, karena ada kok penginapan yang langsung berhadapan dengan pantai tempat start sewa kapal atau masih sekitaran sana yang dekat dan terjangkau. FYI, saran dari aku kalau mau booking penginapan online, coba chat langsung nomor hotel/penginapnnya terlebih dahulu. Kenapa? Karena takutnya hotel tersebut sudah tidak berkerja sama lagi dengan situs online tempat pemesanan hotel. Resikonya walaupun misalnya sudah booking dan bayar melalui aplikasi, tetap ga bisa check in, dan kalau pun kamu mau tetap check in harus bayar lagi ditempat. So, hati-hati yaa!


    Setelah puas explore Hopping Island, sorenya sempetin mampir dulu ke Pantai Tanjung Tinggi sebelum pulang ke Kota. Jaraknya tidak terlalu jauh sekitar 6-7 KM yang bisa ditempuh kurang lebih 10-15 menit. Sebelum explore Hopping Island, jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman. Karena dari seluruh pulau yang akan kamu explore, hanya satu pulau saja yang menyediakan warung-warung kecil untuk membeli makan dan minuman, itupun biasanya warung tersebut akan menjadi tujuan akhir sebelum trip selesai. Semoga penjelasan di atas bisa membantu, kalau ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, let me know dikolom komentar bawah yaa. Please keep the place clean when you visit!

Cheers,

Ineu Melia

 

0 Comments