MENGINJAKAN KAKI DI NEGERI LASKAR PELANGI BELITUNG (Pantai Tanjung Tinggi, Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi)

 

    Belitung has been on my bucket list since a long time ago, bisa menginjakan kaki disini adalah sebuah pencapaian yang benar-benar mengharukan untukku. Aku masih ingat, Ineu usia 15 tahun akhirnya punya cita-cita setelah menonton film Laskar Pelangi dan membaca novelnya. Saat aku kecil, aku selalu bingung jika ada orang yang bertanya “cita-cita kamu mau jadi apa?”. Film yang diangkat dari novel karya penulis yang akan selalu jadi penulis favoritku ini berhasil menumbuhkan rasa semangat dan membuatku berani mempunyai cita-cita.

    Bersyukur sekali bisa mencoret salah satu bucket list ini sebelum officially lulus kuliah. Saking terharunya, malah sempet nangis di hotel malem-malem hehe. Mungkin untuk sebagian orang ini bukan apa-apa, but I always work really hard for every single things that I want. So, it means a lots for me. Perjalanan ke Belitung ini akan aku bagi menjadi 5-6 artikel, terdiri dari destinasi wisata sampai kuliner. Nah, dalam artikel yang satu ini, I am gonna tell you how beautiful Pantai Tanjung Tinggi is, sebuah pantai di Belitung Barat, tempat lokasi syuting film Laskar Pelangi.


    Pantai Tanjung Tinggi terletak di Belitung Barat, jaraknya sekitar 40 menit dari Kota Tanjung Pandan. Untuk sewa motor bisa search di instagram yaa, banyak kok tempat sewa motor di Belitung dengan harga start 75K per-hari. Aku mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi sore hari, saat sampai disana langsung disambut dengan sebuah papan tembok bertuliskan “Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi”. Rasanya seneng, bersyukur, terharu bisa sampai disini.


    Keunikan dari pantai ini, selain airnya yang super jernih dan pasir putihnya yang halus, terdapat bebatuan besar yang menambah pemandangan semakin mempesona. Ombaknya sangat tenang dan dangkal, ramah untuk anak-anak dan siapapun untuk renang. FYI, ada watersport juga, peralatannya bisa kita sewa yaa. Kalau beruntung bisa dapet view sunset yg super cantik sebelum maghrib tiba.

    Duduk di atas batu besar sambil menikmati keindahan Pantai Tanjung Tinggi, membawaku ke memory sekian tahun lalu di Film itu. Ikal, Lintang, Mahar dan kawan-kawannya berlarian dan bermain disini, diiringi lagu paling iconic Laskar Pelangi. Warga setempat disini super ramah, banyak juga jajanan dan berbagai hidangan kuliner yang bisa pengunjung nikmati. Semoga kalian juga bisa kesini suatu hari nanti! Please keep the place clean when you visit okay.

Cheers,

Ineu Melia Febrianti

0 Comments