REKOMENDASI MAKANAN KHAS LOMBOK YANG WAJIB DICOBA!


    Hi, it's been a long time tidak menyapa laman "Food and Culture". Terlalu sering menyapa laman lain, sampai lupa dengan laman yang paling unik ini hihi. Dua kali mengunjungi Lombok, rasanya masih kurang jika tidak membagikan pengalaman kulineran di Lombok dengan berbagai hidangannya yang khas dan lezat.

    Selain kaya akan destinasi wisatanya yang indah, Lombok juga memiliki menu kuliner yang beragam. Makanan khas Lombok terkenal dengan rasa pedasnya yang kaya akan bumbu melimpah. Cita rasa dalam setiap hidangannya selalu berhasil memanjakan lidah. So, apa saja sih kuliner khas Lombok? Yuk simak rekomendasi makanan khas lombok berikut ini.


Ayam Taliwang


(foto/food.detik.com)
(foto/food.detik.com)


    Siapa yang pernah mendengar makanan khas yang satu ini? Ayam taliwang adalah salah satu makanan khas Lombok yang paling terkenal dan digemari banyak orang. Ayam kampung muda diolah dengan bumbu yang melimpah, seperti cabai, bawang,  kencur, gula merah, tomat, terasi, dan kucuran jeruk limau lalu dibakar.


Sate Rembiga

(foto/jokembe.com)


    Nah, kalo makanan khas Lombok yang satu ini jadi menu favoritkuuu. Yap, it’s sate rembiga. Sate rembiga merupakan sate daging sapi yang dibumbui dengan cabai, bawang, asam jawa, gula merah, terasi, ketumbar, dan kemiri. Rasanya pedas manis dan nikmat sekali dilidah. Penjual sate rembiga selalu ramai pengunjung, karena menu yang satu ini jadi incaran banyak wisatawan.


Nasi Balap Puyung

(foto/gpriority.co.id)

    Hidangan atau makanan khas yang satu ini paling mudah ditemui di Lombok. Banyak warung ataupun rumah makan yang menyediakan menu ini. Aku berkali-kali menyicipi makanan ini saat kegiatan kerelawanan di Gili Asahan. Nasi puyung mirip dengan menu makanan di warteg pada umumnya yang dilengkapi dengan berbagai lauk pauk dalam satu piring. Biasanya nasi puyung disajikan dengan lauk ayam suwir, telur, kedelai goreng, kering kentang, sambal, dan kelapa parut.


Pelecing Kangkung

(foto/arenatani.com)


    Pertama nyoba menu yang satu ini di Lombok Utara, tepatnya di Desa Sigar Panjalin. Ibu-ibu dan anak-anak disana selalu menyuguhkan kami pelecing kangkung selama kegiatan kerelawanan. Pelecing kangkung ini terdiri dari kangkung yang direbus kemudian disajikan dengan tauge, kacang panjang, sambal tomat, kacang, dan jeruk limau. Perpaduan sayur dan sambal pedasnya luar biasa nikmat!


Sambal Beberuk Terong

(foto/correcto.co.id)

    Makanan khas lombok yang satu ini super menarik! Sambal dengan terong dan perpaduan sayuran segar lainnya. Diantaranya adalah potongan terong bulat, tomat dan kacang panjang dengan siraman sambal cabai merah yang pedas dan menggugah selera. Sambal beberuk terong cocok jadi makanan pendamping menu makanan khas lombok sebelumnya, seperti ayam taliwang dan bisa juga menjadi makanan pendamping seafood.


    Selain makanan khas di atas, Lombok masih punya banyak makanan khas lainnya. Tapi bagi kamu yang baru pertama kali mengunjungi Lombok, 5 menu makanan khas di atas highly recommended untuk dicoba!


Cheers


Ineu Melia

 


 

 

 

 

 

 

0 Comments