SEJUTA CERITA DI DESA KALIPELUS

    




    Akhir Februari kemarin, alhamdulillah untuk ke-2 kalinya, aku berkesempatan menjadi bagian dari kegiatan volunteering ataupun pengabdian masyarakat. Kali ini, berlokasi di Desa Kalipelus Pacitan Jawa Timur. Okay, let me tell you a story tentang pengalamanku selama pengabdian di Desa Kalipelus. Keep reading :)

    Desa Kalipelus adalah sebuah desa di Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur, akses jalan menuju desa ini cukup ekstrim menurutku, banyak sekali tanjakan dan turunan curam disepanjang jalan. Saat malam haripun, penerangan di jalan masih sangat terbatas, bahkan hampir tidak ada penerangan sama sekali. Tidak terlalu banyak rumah disini, sehingga jarak rumah ke rumah cukup jauh. Tapi sungguh, desa ini memiliki kekayaan alam dengan pemandangannya yang sangat menakjubkan.




    Pengabdian masyarakat kali ini lebih fokus pada pariwisata, dengan memanfaatkan banyak hal yang dimiliki desa ini. Contohnya adalah pengolahan kerang dan cangkangnya agar bisa dijadikan oleh-oleh khas desa ini dan masih banyak program lainnya. Oh iya, desa ini terkenal dengan Pantai Pangasannya yang luar biasa indah, hanya saja akses menuju pantai tersebut cukup sulit. Tapi tetap worth it kok, dengan view yang disuguhkan Pantai Pangasan, hamparan sawah yang hijau, laut biru yang membentang luas dan tebing-tebing cantik yang berdiri dengan gagahnya.




    I'm so grateful, bisa kembali dipertemukan dengan orang-orang baik dan hebat dari berbagai macam daerah di Indonesia. Selama di Desa Kalipelus seluruh volunteer dan panitia tinggal dibeberapa rumah warga setempat, ada yang di rumah Pak Kasun (Kepala Dusun), rumah Pak RT dan Rumah Bolang. Aku tinggal dirumah Pak Kasun bersama 5 volunteer lainnya. Warga-warga disini teramat sangat baik dan ramah, selama tinggal dirumah Pak Kasun, kami mempunyai keluarga baru. Mereka sudah seperti orang tua kami sendiri, kita sering makan bersama setiap hari, berbincang-bincang dan banyak melakukan hal lainnya. Mereka menganggap kami layaknya  anak-anak mereka, bahkan saat perpisahanpun, aku melihat tetesan air mata penuh haru dari mata mereka, do'akan mereka ya, mudah-mudahan panjang umur, sehat selalu, dimudahkan rezekinya dan dilancarakan setiap urusannya, aamiin.



    Lucky me, bisa kenal dengan seluruh volunteer dan panitia yang benar-benar jadi dekat satu sama lain layaknya keluarga. Aku 100% bisa menjadi diriku sendiri selama pengabdian kemarin, I really feel comfortable with them. Kita sudah seperti sodara selama disana, saling bertukar cerita dan banyak melakukan aktivitas bersama. Aku banyak mendengar cerita-cerita dari mereka, tentang latar belakang keluarganya, pendidikannya, pengalamannya dan banyak cerita lainnya. Dari sanalah, aku banyak belajar.


    I just wanna say thank you guys so much, menjadi bagian dari kegiatan pengabdian ini dan bertemu dengan kalian adalah one of the best experience ever in my life. Kalian luar biasa, benar-benar niat untuk menjadi volunteer dipengabdian ini dengan totalitas dan maksimal. Aku sama sekali gak nemu yang leha-leha ataupun banyak ngeluh selama volunteering kemarin, semuanya benar-benar semangat dan tulus dalam mengikuti pengabdian ini.

    Terimakasih, semoga kita bisa dipertemukan kembali suatu hari nanti. Lots of love, Ineu Melia Febrianti.

0 Comments