PERFECT TRIP DI GUNUNG BROMO

 

    Jujur, sampai saat ini kadang masih gak nyangka, Gunung Bromo yang sudah masuk bucket list aku sejak lama, finally bisa tercoret juga tahun ini. Bahagia, sedih karena terharu, semuanya benar-benar terasa ketika aku sampai disana, ya di Puncak Sunrise Point Bromo, saat aku bisa langsung menyaksikan matahari terbit dan melihat seluruh keindahan sekitarnya, it’s like a dream come true. Pengen nangis sebenernya, tapi takut dibilang lebay hehe. Semua orang punya impian, cita-cita, tujuan dan targetnya masing-masing, and this is main, I mean ya, inilah bucket listku atau kebanyakan orang menyebutnya wish list, tapi aku lebih suka menyebutnya bucket list hehe and my bucket list is to travel more and more often.






     

    Perjalanan menuju Gunung Bromo dari Kota Malang memerlukan waktu kurang lebih 3 jam, aku dan 2 orang partner travelku join open trip, awalnya sempet mikir, gimana ya rasanya ikut open trip? Tripnyakan pasti disatuin sama peserta trip lain, seru gak ya? Atau malah sebaliknya? Tapi apa daya hehe, kalo ngambil private trip budgetnya tentu lebih mahal, and finally nekad juga ikut open trip. Bisa tebak gak gimana rasanya open trip? Disatuin sama peserta trip lain yang otomatis belum kita kenal, dan sebenarnya ini semua diluar dugaan sih hehe, trip kali ini serunya pake banget. Very happy pastinya bisa ketemu orang-orang baru yang baik dan seru, ditambah guidenya yang super friendly, this is really the perfect trip for me.

    Semakin dekat jarak menuju Gunung Bromo, dingin otomatis semakin terasa, dan kesalahan besar aku ditrip kali ini adalah, jaket aku kurang tebel hehe. Dinginya parah sih, apalagi buat aku yang bukan anak gunung alias jarang banget ngetrip ke Gunung, jangan lupa guys pake jaket tebel, sarung tangan, kaos kaki plus kuplu biar gak kedinginan. Saat sampai di sunrise point Bromo, guidenya langsung ngarahin kita ke sebuah warung, hampir semua warung disini menyediakan tungku api kecil untuk pengunjung agar bisa menghangatkan diri. Lama-lama aku tersadar, bahwa warung-warung kecil yang berjajar disekitaran Sunrise Point Bromo ini adalah warung diatas awan yang sering banget aku llihat di sosmed, jadi makin terharu deh akhirnya bisa kesini.

    Setelah sholat shubuh, kami berjalan menuju spot yang lebih dekat lagi dengan sunrise point, dimana kita bisa langsung menyaksikan seluruh keindahan Bromo. Dari spot ini juga kita bukan hanya bisa melihat Gunung Bromo saja, tapi juga macam-macam Gunung, seperti Gunung Semeru, Gunung Batok dan lain-lain. I am so grateful, cuaca di Bromo saat aku trip benar-benar mendukung, padahal bulan desember biasanya masuknya musim hujan. I can’t say many words about Bromo actually, I was very speechless karena keindahannya, dari mulai sunrise pointnya, spot-spot area bawah Bromo seperti Bukit Widodoren, Pasir berbisik, Kawah Bromo dan yang lebih spesial adalah Padang Savana dan Bukit Teletubis yang memiliki view layaknya di Negeri dongeng, disana juga kita bisa menikmati kuliner bakso khas Malang dengan view yang tidak biasa.







    Tips dari aku untuk temen-temen yang mau trip ke Bromo, baik yang mau ambil open trip atau private trip, cari agensi trip yang benar-benar terpercaya ya guys, dan kita juga harus benar-benar teliti sama  include dan exclude dari agensi trip yang kita pilih. Cari agensi trip yang meeting pointnya dari Kota Malang, biar kalian gak usah ribet lagi cari transportasi pulang pergi, apalagi kebanyakan trip Bromo midnight trip atau trip yang dimulai tengah malem, agar pengunjung nantinya bisa menikmati sunrise.

    Selain itu, bagi kalian yang mau dapet foto-foto keren, kalian bisa pilih agensi trip yang include dokumentasi. Biasanya harga open trip yang mencakup hampir keseluruhan seperti transportasi PP, BBM, tiket masuk, dokumentasi dan lain-lain berkisar 200 rban lebih sampai 400 rb. Semakin harga naik, semakin agensi trip tersebut memiliki kelebihan lain, seperti dokumentasi premium, supir dan guidenya yang berbeda dan lain-lain. Nah, kisaran harga yang aku jelasin diatas itu untuk one day trip, jadi untuk temen-temen yang mau nginep di Bromo atau tripnya lebih dari satu hari, harganya otomatis akan lebih tinggi.

    Siapapun yang bermimpi untuk berkunjung ke Gunung Bromo, semoga secepatnya ya, Aamiin. Please keep the place clean when u visit :)

    All Pict By : 

© 2020 Traveling Diary Blog

© 2020 Tineu Syadiah

             

           

4 Comments