LOVE AND SINCERITY DI DESA SEBATU GIANYAR BALI

 


 Hi Bali!

    Thanks for having me! Setelah sekian lama punya plan ke Bali, finally diawal tahun 2023 ini bisa terwujud. As always, it’s not only about traveling, tapi juga pengabdian, yap, being a volunteer. Kalo ditanya kapan mau pensiun jadi volunteer? It’s a hard question, rasanya being a volunteer is one of my favorite job, always have been and always will be. Setelah mempertimbangkan banyak hal demi kelancaraan dan kesuksesan kegiatan pengabdian, aku dan beberapa temanku sebagai volunteer sekaligus panitia memutuskan untuk melaksakan kegiatan di Banjar Pujung Kelod Desa Sebatu Kecamatan Tegalalang Kabupaten Gianyar Provinsi Bali.

    it’s not easy sebenarnya, menjadi volunteer sekaligus panitia, but i was learning something new. Kami tinggal di salah satu rumah penduduk setempat selama berkegiatan menjadi relawan, beliau juga merupakan pemangku adat disini, yap, rumah bapak dan meme, meme adalah sebutan untuk ibu di Bali, mereka adalah salah satu manusia paling ramah yang pernah aku temui. Feel so grateful, selalu mendapatkan dan merasakan cinta dan kasih sayang yang tulus dari siapapun disetiap perjalanan.


    I can feel the warmth from the locals here, alhamdulillah penduduk setempat disini sangat welcome dan seluruh kegiatan serta program kerja kamipun bisa terlaksana dengan baik. Mungkin, diartikel ini aku akan lebih banyak menceritakan peran bapak & meme yang begitu besar pada perjalananku kali ini. I had a problem, a big problem but I can’t tell anyone, tapi tanpa aku bilang sepatah katapun, bapak dan meme tau, they told me “Sejak kamu pertama kali datang ke rumah bapak dan meme, bapak tau, ini anak kepalanya crowded banget, I know your head is crowded I cant’t hold my tears, i was crying saat bapak bilang “saking sibuknya kamu, kamu sampai tidak sempat bercerita apapun sama bapak” ohhh god, terimakasih, terimakasih selalu mempertemukan aku dengan orang-orang berhati baik dan tulus.



    Bali dengan keberagaman budaya dan adat istiadat didalamnya, orang-orangnya yang teramat sangat ramah dan menjunjung tinggi toleransi, keindahan alamnya yang luar biasa akan selalu aku rindukan. Last but not least, I am so lucky bisa bertemu teman-teman relawan dari latar belakang pendidikan, daerah dan pengalaman yang berbeda-beda. Terkhusus teman-teman panitia, thank you so much! Aku belajar banyak hal dari orang-orang hebat seperti kalian, sending lots of love.

Terimakasih bapak dan meme, I’ll be back one day.

 

 

 


3 Comments

  1. Ineu apapun itu tetap semangat. Dan yeah setiap baru pasti ada cerita haru, semoga disetiap tempat baru kamu berpijak dapat pelajaran hidup yg berharga. Love you to the moon n back and dont forget semangat terus nulisnya

    ReplyDelete
  2. Ineu apapun itu tetap semangat. Dan yeah setiap tempat baru pasti ada cerita haru, semoga disetiap tempat baru kamu berpijak dapat pelajaran hidup yg berharga. Love you to the moon n back and dont forget semangat terus nulisnya

    ReplyDelete