PELAJARAN HIDUP DI PULAU GILI ASAHAN NUSA TENGGARA BARAT


     




     Aku tidak pernah menyangka sebelumnya, ditahun 2021 ini bisa menginjakkan kaki di Tanah Indonesia Timur, tepatnya di Nusa Tenggara Barat. NTB memang sudah masuk bucket listku, but i didn’t think tahun ini akan bisa terwujud, alhamdulliah, i am so grateful. This is my amazing story di salah satu pulau kecil dengan sejuta keindahannya, Gili Asahan, Nusa Tenggara Barat.




     Alhamdulillah, bulan desember tahun 2021 aku berkesempatan untuk mengikuti kegiatan volunteering yang diadakan oleh sebuah yayasan sosial. Hari pertama menginjakkan kaki di Pulau ini, aku langsung dibuat takjub dengan banyak hal, dari mulai keindahan pulaunya, orang-orang hebat dari berbagai macam daerah diseluruh Indonesia yang aku temui, dan anak-anak pulau yang memiliki semangat belajar yang luar biasa, perjalanan panjang selama hampir 2 hari, rasanya terbayar lunas.


     Ada yang tidak seberuntung kita, namun rasa syukurnya melebihi diri kita. Fasilitas belajar dipulau ini masih serba kekurangan, dari mulai ruangan kelas, alat tulis hingga tenaga pengajar sekalipun. Hanya ada 2 guru yang mengajar di Sekolah ini (SDN 4 Batu Putih), para gurupun harus menyebrang terlebih dahulu setiap harinya untuk sampai di Pulau ini, bahkan listrik disini hanya ada 12 jam sehari, aliran listrikpun tersedia hanya dari sebuah resort di Pulau Gili Asahan. Tapi sungguh, rasa semangat dan antusias anak-anak pulau ini dalam belajar begitu besar. Mereka mempunyai cita-cita yang luar biasa, ada yang bermimpi menjadi ustadz, dokter, tentara, polisi, photografer dan masih banyak lagi.






   Anak-anak juga sering mengajak para volunteer untuk explore Pulau Gili Asahan, i have no idea bagaimana caranya menggambarkan pulau ini lewat kata, but you have to know, this island is so wonderful. Air pantainya begitu jernih, ombak yang tenang dengan view bebukitan dan pulau-pulau lain yang indah, pasir putih halus dengan kerang-kerangnya yang cantik, ditambah penduduk lokalnya yang ramah, really made me fall in love with this beautiful island.







  
Berhari-hari dipulau ini dengan kegiatan-kegiatan yang seru dan luar biasa, membuat diri ini tersadar dengan banyak hal-hal kecil namun berharga yang belum aku syukuri, aku belajar banyak hal baru di Pulau ini, lucky me bisa mengikuti kegiatan ini dan bertemu dengan orang-orang baik, hebat dan penuh rasa peduli seperti mereka. Tahun 2021ku benar-benar ditutup dengan cerita yang luar biasa, aku sangat bersyukur, bersyukur karena telah diberi waktu dan kesempatan untuk dapat mempelajari banyak hal tentang nilai-nilai hidup yang mungkin baru aku dapatkan disini. Dear anak-anak Gili Asahan, terimakasih ya, aku belajar banyak hal baru di Pulau ini bersama kalian, kalian anak-anak yang luar biasa, i’ll be back suatu hari nanti, and that’s a promise, insya Allah✨





    Hi readers, saling mendo’akan yuk! Do’akan anak-anak pulau Gili Asahan ya, mudah-mudahan mereka jadi anak-anak yang sholeh-sholehah, sukses dunia akhirat, bisa menggapai cita-cita mereka, dan bisa menebar banyak manfaat untuk sesama, aamiin.


0 Comments