TIPS MENYUSUN TRAVEL BUDGET

  

    It's been a while, gak ngeblog dipart Thought & Tips. Okay, karena sering banget dapat pertanyaan tentang gimana sih cara ngatur budget jalan-jalan? kok bisa sih budgetingnya rapih banget? mau bocorin gak cara nyusun budgetnya gimana? Okay, here we go! Jadi sebenarnya, budget jalan-jalan itu tergantung masing-masing, kalo kalian pengen jalan-jalan dengan low budget alias budget pas-pasan, bisa ikutin tips ini ya.
    Pertama, kita harus cari informasi tentang destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Perlu diingat! Tim low budget kalau cari informasi jangan setengah-setengah! Usahakan harus jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan. Informasi yang harus dicari diantaranya kelebihan dan kekurang wisatanya, harga tiket masuk, fasilitas, jadwal buka dan cara mendapatkan transportasi menuju destinasi tersebut.
    Selanjutnya, setelah cari informasi tentang destinasi wisata, next kita harus atur tranportasinya. Jangan cuma nyatet transportasi pulang pergi dari daerah asal menuju destinasi yang dituju saja, tapi juga tranportasi dari destinasi wisata ke wisata lainnya, seperti budget ojek lokal, ojek online, sewa motor ataupun sewa mobil jika sekiranya hal tersebut diperlukan. Karena ini untuk tim low budget, berarti kalo misalnya perjalanan kita menggunakan kereta api, pesawat dan lain-lain, kita tentu sudah bisa mengira-ngira harus pilih kelas apa, yap, pilih kelas ekonomi ya. Tim low budget jangan banyak ngeluh! Trust me, semua traveler pasti pilih-pilih kalo cari partner jalan-jalan, dan yang gak banyak ngeluh adalah salasatu kriteria terpenting.
    Nah, setelah dua hal diatas beres, kita cari informasi tentang penginapan. Tempat penginapan yang kita pilih, usahakan harus dekat ataupun tidak terlalu jauh dari destinasi wisata yang akan dituju, dan tentunya sesuaikan dengan budget yang kita punya. Trik untuk menghemat budget, kita harus sering-sering cek informasi harga penginapan diaplikasi-aplikasi booking hotel, homestay ataupun yang lainnya. Kalau beruntung, kemungkinan kita bisa dapat diskon. Kuncinya, cek dengan tekun dan sabar.
   Terakhir, kita jumlahkan keseluruhan budget, dari mulai tiket masuk wisata, transportasi dan penginapan. Nah, untuk budget makan, jajan dan oleh-oleh, kita harus bener-bener bisa ngatur, pinter-pinter bedain mana yang hanya sekedar kemauan dan mana kebutuhan. Kalau kita pengen beli oleh-oleh ataupun jajanan boleh-boleh saja, tapi jangan berlebihan dan sesuaikan dengan budget. Hindari pemborosan berkedok self reward ya! Self reward sangat-sangat diperbolehkan, contohnya dengan membeli hal yang kita inginkan saat jalan-jalan, tapi kalo keseringan, jatohnya bukan self reward hehe, so, atur budget dengan bijak ya!

    Jika ada pertanyaan, feel free share dikolom komentar:)

       Semoga bermanfaat!

0 Comments