CANDI BOROBUDUR JAWA TENGAH

 

   To be honest, 20 tahun jadi warga negara Indonesia, Juni kemarin pertama kalinya diri ini menginjakan kaki di Candi Borobudur, padahal Candi Borobudur merupakan salah satu wisata prioritas Indonesia. I kept asking myself "Where have u been Neu?" Hehe, tapi alhamdulillah ditahun 2021 ini, bucket list Candi Borobudur akhirnya bisa tercoret. Oh iya, ternyata sampai sekarang masih banyak orang yang mengira bahwa lokasi Candi Borobudur di Provinsi DI Yogyakarta, padahal Candi Borobudur aslinya berlokasi di Kota Magelang, yang berarti wilayah tersebut masih termasuk Provinsi Jawa Tengah. Mungkin karena Candi Borobudur jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, jadi banyak yang masih mengira lokasinya di Jogja.

 


 FYI, Candi Borobudur merupakan candi atau kuil Budha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Budha terbesar, wah keren! Destinasi yang satu ini tentu sangat cocok untuk siapapun yang tertarik berwisata ke tempat-tempat unik dan kaya akan sejarah.  Selain pemandangan alam dan kemegahan candinya, kita juga bisa menyaksikan benyak sekali relief. So, wisata Candi Borobudur, jangan lupa masukin ke travel bucket list kamu ya!

   Ada cerita yang cukup kocak nih pas berkunjung kesini, bayangin aja, aku dan teman tripku hanya punya waktu 1 jam setengah untuk explore Candi, padahal komplek Candi Borobudur luas banget, alhasil kita rusuh sambil lari-lari. Kok bisa buru-buru sih? Jadi gini, sebenarnya rundown trip pasti udah dirancang dari awal serapih mungkin, tapi kadang beberapa jadi acak-acakan gara-gara lupa waktu. Sebelum ke Candi Borobur, kita explore wisata di kabupaten Magelang terlebih dahulu, dan disanalah kita lupa waktu, pemandangan di Pedesaan Kabupaten Magelang terlalu cantik untuk ditinggalin buru-buru, yaelah jadi lebay gini hehe, tapi serius viewnya emang cakep-cakep. Target jam 15.30 kita harus sudah stand by di Terminal Borbudur untuk melanjutkan trip ke Yogyakarta, sedangkan pukul 13.00 kita masih di Nepal Van Java Kabupaten Magelang, perjalanan dari sana ke Candi Bobudur kurang lebih 1 jam, cari ojek online pasti gak mungkin dapet, akhirnya kita memutuskan pake ojek lokal. Saat traveling, tentu kita akan bertemu orang-orang baru dengan berbagai macam karakternya yang berbeda-beda, ada yang first impressionnya baik ada juga yang sebaliknya, intinya masih banyak kok strangers yang baik dan ramah, contohnya mas-mas tukang ojek yang nganterin kita ke Candi Borobudur, mereka lari-lari nyusul kita yang udah masuk komplek candi, aku kira bayar ongkosnya kurang, ternyata cuma mau ngasih tau kalo bus tujuan ke Jogja terakhir pukul 4 sore, sumpah mas-masnya baik banget, sepanjang perjalanan menuju candipun sering nanya sambil menceritakan tentang wisata di Magelang, mereka juga gak henti-hentinya bilang makasih, mas-masnya happy bisa dapet job ngojek dari desa ke kota, katanya pas pandemi gini jarang dapet yang jauh, mereka biasanya cuma ngojek di sekitar wisata Nepal Van Java saja, itu juga belum tentu ramai.

  By the way, artikel tentang Candi Borobudur ini adalah cerita terakhirku di trip kemarin, Wonosobo - Magelang- Yokyakarta. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa jalan-jalan lagi, aamiin, dan tentunya bisa segera share another cerita traveling diblog ini.

Thanks anyway for always reading my travel stories :) see u guys dicerita-cerita selanjutnya!

Alamat Lengap : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Tiket Masuk : - Dewasa : Rp.50.000

                          -Anak-anak : Rp. 25.000

Jadwal Buka : Pukul 08.00-15.00 WIB

Pleace keep the place clean when u visit :)


  

0 Comments