KAMPUNG WARNA JODIPAN MALANG

 


    Kampung Warna Jodipan merupakan destinasi wisata utama Kota Malang, konsep menarik dari destinasi ini berhasil mengundang perhatian banyak wisatawan. Rasanya kurang lengkap jika berlibur di Kota Malang tapi tidak berkunjung ke Kampung Warna Jodipan, dan alhamdulillah kemarin saat berkunjung ke Malang, aku berkesempatan untuk mengunjungi wisata satu ini. Menurut sejarahnya, kampung ini dulu awalnya merupakan kampung yang kumuh dan berlokasi di pinggir sungai, lokasinya yang jauh dari tempat pembuangan sampah (TPS) membuat warganya sering membuang sampah sembarangan ke sungai.

    Pada tahun 2016 Kampung Jodipan berubah menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ide mencat kampung ini muncul dari sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam sebuah komunitas, kebiasaan warga membuang sampah sembaranganpun pelan-pelan hilang. Untuk bisa menikmati keindahan kampung ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp. 3000 dan biaya parkir Rp.2000 saja, sangat terjangkau bukan?


    Selain Kampung Warna Warninya, disekitarnya juga ada Kampung 3D dan Kampung Biru. Untuk bisa masuk ke area tersebut, kita harus membeli tiket kembali. Lokasi destinasi wisata yang satu ini sangat strategis, walaupun bernama kampung, tapi lokasi masuknya tepat berada dipinggir jalan raya Kota Malang, sehingga wisatawan tidak akan kesulitan akses untuk berkunjung. Alamat lebih lengkapnya adalah Kampung Jodipan Kecamatan Blimbing Kota Malang Jawa Timur, hanya berjarak sekitar 2 KM dari Alun-Alun Kota Malang dan 500 M saja dari Stasiun Kota Malang.

    Semua spot-spot disini dicat dengan berbagai macam warna, jika ingin berfoto dengan seluruh view cantik dari Kampung Jodipan, pengunjung bisa mengambil foto dari jembatan kaca yang menjadi jalan penghubung kampung-kampung disini. Jam buka destinasi satu ini mulai pukul 07.00 pagi – 18.00, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Kampung Jodipan tentu saja saat cuaca sedang tidak panas-panasnya. Aku berkunjung kesini sore hari sehingga cuaca cukup mendukung, saat sore hari juga kita bisa saja beruntung mendapatkan view indah sunset di Kampung ini. So, tunggu apalagi guys? Kampung Warna Jodipan tentu jadi rekomendasi destinasi wisata utama saat berlibur ke Kota Malang.

    Please keep the place clean when u visit :)

           

2 Comments