PENANGKARAN BIOTA LAUT DI BALI VAN JAVA

 

    Karena penasaran dengan penangkaran biota laut dekat kawasan pantai batu hiu, akhirnya beberapa hari yang lalu aku mutusin untuk nyari tau tentang tempatnya. Ternyata benar, sekitar 300 meter dari pantai batu hiu terdapat tempat kelompok penangkaran biota laut (KPBL). Disini kita bisa melihat penyu-penyu dari yang kecil sampai dewasa, biasanya di akhir pekan pengunjung lumayan ramai, sedangkan di hari biasa hanya beberapa pengunjung seperti mahasiswa yang ingin melakukan penelitian ataupun yang lainnya.      

    Menurut info yang aku dapet, kondisi penyu di wilayah ini populasinya semakin berkurang, banyak penyebabnya, salah satunya karena kondisi ekosistem dan juga banyak penyu mati dibunuh manusia. Biasanya pada hari-hari tertentu saat penyu sudah siap dilepaskan ke pantai, pengunjung bisa ikut serta membantu melepaskan penyu-penyu tersebut.



     Oh iya, tepat didepan tempat kelompok penangkaran biota laut (KPBL) ini, terdapat sebuah gapura cantik yang langsung menghadap ke Pantai. Tak salah lagi, kenapa banyak wisatawan menyebut bahwa kawasan pantai batu hiu ini sebagai Balinya Jawa Barat, keindahan pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Sebutan Bali Van Java untuk kawasan pantai ini memang sangat cocok, berfoto sambil menikmati keindahan pantai tepat digapura ini menjadi nilai plus tersendiri untuk spot disini.

*Pleace keep the place clean when you visit :)


4 Comments